Cerita Magang di Kemlu

By Meisarah Marsa, S.Sos - Januari 05, 2016



Jakarta, 4 Januari 2016

                Perkenalkan nama saya M... *skip saja (check my bio on my blog) dan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang magang yang saya jalani. Yups magang atau yang biasa kita kenal dengan internship merupakan salah satu aplikasi kuliah KERJA nyata. Kamu tentunya akan mendapat pengalaman kerja yang cukup variatif dan mengesankan selama magang. Khusus kali ini, saya akan memaparkan lebih lanjut bagaimana pengalaman magang di Kementerian Luar Negeri Indonesia. Siapa sangka kementerian yang satu ini cukup menyenangkan dan terkesan wow dengan namanya. Ya, berbagai kalangan akan berekspektasi tinggi mendengar namanya. Kamu ga salah hehe...
                Ok, udah ga sabar lagi ya..?? Nih tips buat kamu gimana caranya buat daftar magang di Kemlu.
1.       Waktu, kamu harus mendaftar jauh hari sebelum magang... ya minimal 3 bulan sebelum magang. Jangan remehkan masalah waktu. Pengalaman saya pribadi mendaftar pada akhir Oktober untuk magang di bulan Januari.
2.       Kelengkapan administrasi, Yup yang satu ini juga tak kalah penting. Beberapa dokumen yang harus kamu penuhi antara lain transkip nilai akademik sampai semester terakhir, surat keterangan magang yang kamu bikin sendiri buat ngasih tau kapan kamu ingin magang, surat aktif mahasiswa kalau masih mahasiswa dan kalau sudah lulus jangan cemas kamu masih bisa magang tanpa surat aktif kamu bisa pakai surat rekomendasi, dan terakhir adalah CV kamu. Jangan remehkan dokumen ya guys!! Oiya, semua kalau bisa di print warna (versi asli), di mapin trus di luarnya di kasih keterangan di sudut kecil kiri bawah/atas tulisan “magang”, dan kemudian di bagian depan sebelah kanan bawah diberi keterangan Yth, ...... (tujuan surat). Ada baiknya tujuan surat ditujukan ke tempat yang sesuai dengan fokus skripsimu atau yang semisalnya. Kalau kamu bingung mau di tujukan kemana, kamu bisa cek di website Kemlu bagian-bagiannya. Saya rekomendasikan bagi kamu yang ingin kajian atau nyari bahan lebih baik memilih bagian BPPK (Bagian Pengkajian Pengembangan Kebijakan). Ini semaca, litbangnya Kemlu. Di BPPK juga terdapat perpustakaan Ali Alatas yang bisa kamu akses buat nyari bahan. Dan jika kamu ingin mengetahui kinerja Kemlu ada baiknya langsung di Dirjen (Direktorat Jenderal). But, peluang diterima di BPPK biasanya lebih besar daripada Dirjen. Dari sekian teman saya, lebih banyak yang diterima di BPPK. Dan kalau kamu daftar ke Dirjen surat magang kamu akan dilempar ke tempat khusus penerimaan surat dan memakan waktu cukup lama untuk sampai ke bagian Departemen yang dituju, kecuali kamu punya orang kenalan hehe.

Finish... hehe, kamu tinggal tunggu telpon dari pihak Kemlu saja. Untuk jaga-jaga silahkan kamu mendaftar magang di tempat lain selagi menunggu hasil dari Kemlu.
Hm.... jika kamu udah diterima maka bersyukurlah. Sekarang saatnya memutuskan untuk kinerja kedepannya. Sekedar info, jam kerja dimulai pada jam 8 pagi hingga jam 16.00 wib. So, bagi kamu yang tempat tinggal jauh dari Kemlu lebih baik mencari tempat tinggal di sekitar Kemlu. Jangan khawatir... saya akan berikan info tempat tinggal yang cocok buat kamu yang magang di Kemlu.
Rekomendasi pertama, di jalan Pejambon II. Lokasi kos-kosan tepat di belakang Kemlu, kalau kamu dari gedung BPPK, kamu tinggal jalan keluar gerbang dan belok kiri terus nyampe deh. Jangan segan untuk bertanya kepada warga sekitar untuk mendapat rekomendasi tempat tinggal. But, yang satu ini agak mahal,, yah kisaran ≥600K lah. Mau yang lebih murah?? Next rekomendasi kedua, kamu jalan terus dari lokasi tadi melewati gereja, gallery nasional, hm... lebih tepatnya di belakang gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan. Di sana juga banyak tempat tinggal khusus putri, ada wisma putri dll. Terakhir, teman saya kos di sana paling murah 400K. Pinter-pinter nawar yaaa J. Keuntungannya selain murah, kamu deket sama stasiun Gambir yang nyediain banyak makanan hehe. Lingkungannya nyaman dan ramai. Nggak gelap atau menakutkan hehe. Lagi-lagi pinter2 nyari kosannya yaaa.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments