Pengalamanku Mengikuti CPNS LIPI 2018 Part 1

By Meisarah Marsa, S.Sos - Desember 13, 2018

Hi readers!!


Sebelumnya, terimakasih telah membaca tulisan ini dan mengunjungi blog aku. Di segmen kali ini, aku akan share ke kalian pengalamanku mengikuti tes cpns LIPI tahun 2018. Formasi yang aku ambil adalah cumlaude untuk posisi “Pranata Humas Ahli Pertama” bagian Biro Kerjasama Hukum, dan Humasnya LIPI. 

Sebagai catatan, bedanya formasi cumlaude dan formasi umum ada di PG (passing grade) untuk tahapan SKD. PG untuk tahun 2018 gambarannya seperti ini :

PG CPNS 2018


Dan untuk tahap pendaftaran dan seleksinya seperti ini :

Alur cpns 2018


Tips dari aku untuk tahap ini berdasarkan pengalaman :

  1. Persiapkan data NIK, KK, email. Jangan sampai ada kesalahan data.
  2. Untuk foto harus benar-benar disesuaikan dengan ketentuan. Well, untuk foto selfie waktu itu aku difotoin temen pake hp trus edit-edit dikit biar bagus. Backgroundnya dinding kantor wkwkwk.
  3. Lengkapi biodata dengan benar, dicek dulu baik-baik sebelum di kirim. Karena kalau udah dikirim udah nggak bisa diupdate atau diedit.
  4. Pastikan dokumen yang kamu upload lengkap selengkap-lengkapnya (aku sampe cek satu-satu loh). Oya, LIPI ga memberlakukan pengiriman berkas ya, hanya menerima online.


Jujur, waktu itu susah banget buat daftar onlinenya. Situsnya selalu sibuk dan padet walaupun aku udah berusaha nyari waktu yang pas, tengah malempun tetap sibuk. Alhasil, aku baru bisa daftar beberapa hari sebelum batas akhir (H-3) kalau nggak salah ya. Dan itupun hasil dari nanya ke teman yang udah sukses daftar di jam 6 pagi. Trus, besoknya aku coba di jam tersebut dan berhasil. Jadi, jangan cemas kalau di waktu awal kamu belum bisa daftar. Yang jelas pantau terus deadline pendaftaran dari instansi yang kamu pengen ambil. 

Butuh waktu lebih kurang 2 minggu hingga sampai pada pengumuman seleksi berkas online. Dan Alhamdulillah aku diterima. 

Bersambung ke bagian 2..

  • Share:

You Might Also Like

0 comments