Cara Menentukan Ide Konten Yang Menarik Untuk Semua Platform

By Meisarah Marsa, S.Sos - Januari 29, 2023


Hi sobat sekalian, jika kalian sampai membaca kontenku, berarti judul yang aku sadurkan berhasil membuat kalian tertarik. Nah, melalui pembuktian itu, aku akan menjelaskan lebih banyak lagi tips-tips dan cara khusus agar kalian juga bisa membuat judul konten menarik yang tidak hanya bisa dipakai sekali aja, tapi bisa dipakai juga untuk konten-konten lainnya.

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menentukan ide sebuah konten :

        1. Memiliki Value

Value atau nilai adalah hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah konten. Kenapa penting? Karena dengan value, maka si viewer akan merasa menyatu dengan isi konten. Semakin kamu bisa mengolah konten bernilai dan berkualitas bagi si viewer, maka semakin tinggi engagement kamu dengan viewer, dan tentu saja akan menaikkan jumlah tayang konten kamu. Semakin si viewer merasa, oh ini nih postingan yang aku banget, atau yang aku cari selama ini, atau yang aku butuhkan, atau ini penting, nah maka si viewer akan tergerak entah itu menatap lama kontenmu, atau ikut menuliskan komentar, atau merepost ulang, bahkan menyimpan konten kamu. Lalu, value seperti apa yang dibutuhkan? Banyak banget loh sebenarnya. Misalkan, konten ringan yang dibawakan Bunda Corla, ada value kehidupan dan juga selera guyonan yang menghibur. Atau konten yang berisi tips-tips tertentu yang membantu, dll. Cara simpel memilih value yang cocok buat kamu apa? Well, kamu tinggal lihat saja konten apa yang paling sering kamu save atau repost ke teman/sosial media kamu. Nah, dari sana kamu bisa melihat value apa yang sangat pas dan cocok buat viewer nantinya. Perlu digaris bawahi juga kalau viewer kita nantinya akan menyesuaikan dengan value yang kita bawa di dalam konten ya!

        2. Eye Catching

Kenapa harus eye catching? Ya tentu saja agar menarik viewer! Eye catching sangat penting untuk menarik perhatian orang-orang, khususnya yang belum pernah mengenal kontenmu sebelumnya. Ibaratnya, eye catching ini seperti kesan pada pandangan pertama hehe... Kalau sampulnya atau covernya menarik, judulnya menarik, desainnya bagus, atau bahwa pembawaan pada 5 detik pertama bikin penasaran, fix ini tu eye catching banget! Yang tadinya ga tau konten kamu, tapi pas lewat di beranda atau dimanapun, bikin viewer berhenti sejenak alih-alih ngeskip konten kamu. Terus bagaimana untuk menentukannya? Saranku, mulailah dengan menanyakan pendapat orang-orang di sekitarmu atau orang-orang terdekatmu. Dengan bantuan dari mereka bisa kasih pertimbangan ke kamu apakah tampilannya bagus atau bikin mereka tertarik. 

        3. Judul Harus Singkat, Padat, Jelas, dan Tidak Bertele-Tele 

Nah ini kudu harus banget! Sosial media bukan skripsi apalagi berita! Sosial media dipakai orang-orang sebagai tempat melepas penat, hiburan, mencari inspirasi dll. Jadi, jangan bebankan viewer kamu dengan judul yang panjang-panjang, apalagi bertele-tele. Ohya, jangan memberikan judul yang negative clickbait juga ya! Karena sekali orang merasa dibohongin, kedepannya mereka akan tahu konten yang kamu sajikan aslinya bagaimana. Jika mereka merasa tidak berkualitas atau bahkan bergumam, jangan-jangan kaya waktu itu, atau ini lagi ini lagi, jadinya bikin viewer males, bahkan bisa bikin mereka unfollow loh! Dan begitujuga dengan judul/tulisan, disarankan untuk yang mudah dibaca meskipun baru melihat covernya! Jangan sampai tulisan judul kecil sehingga membuat orang ngeskip kontenmu.

        4. Positive Clickbait 

Sebenarnya, apa itu clickbait? Clickbait adalah cara untuk memancing orang melihat konten kita dengan melebih-lebihkan judul atau cover sehingga membuat orang-orang penasaran hingga memutuskan mengklik konten. Efek clickbait biasanya hanya sementara saja. Maka tak jarang, ketika viewer membuka konten, ternyata tidak sesuai dengan isinya dan berakhir kecewa hingga menskip konten, menekan dislike, atau memberi komentar negatif, bahkan memustukan untuk unfollow. Memakan clickbait bisa memberikan efek negatif jika tidak hati-hati. Ibarat 2 (dua) sisi mata koin, di satu sisi bikin viewer ngeklik konten kamu namun di sisi lain bisa bikin mereka meninggalkan kontenmu.  Untuk yang satu ini sebenarnya bisa kamu gunakan sekali-kali dan dalam konteks yang positif! Contohnya bagaimana? Kamu bisa tambahkan kata-kata seperti Wow! Ga Nyangka! Bisa Bikin Kamu...! Atau yang lainnya. Namun perhatikan, judulmu harus selaras dengan konten ya! 

        5. Memiliki Link & Match 

Konsep link & match bermakna mencocokan atau menghubungkan. Seperti apa konten yang memakai konsep link & match? Misalkan, kamu ingin menjual sebuah kursus TOEFL. Kamu bisa membuat konten yang menggiring viewer untuk ikut kursusmu tanpa perlu mengajak mereka untuk ikut. Ajakan secara halus ini bisa kamu pakai dengan metode link & match. "Diajak anak jaksel ngomong Bahasa Inggris tapi ga paham! Yuk aku ajarin caranya di...". Nah, kira-kira seperti ini kontennya. 

        6. Sense of Humor 

Memakai konten humor tidak melulu kamu harus humoris ya! Kamu bisa memakai foto dengan tulisan atau video orang bahkan video animasi buat konten humor ini. Sebagaimana yang aku sampaikan tadi bahwa sosial media adalah tempat orang-orang melepas penat, mencari inspirasi dan hiburan, jadi penyajian konten berisi humor akan lebih diminati. Berdasarkan pengalaman pribadiku saat menjadi penulis lepas di salah satu platform berita online, para pembaca mendominasi konten-konten humor yang aku sampaikan. So, jangan lupa untuk membawakan konten humor ke dalam salah satu postinganmu ya! Tentu saja tetap memperhatikan etika, jangan sampai konten humormu menyinggung SARA ya!

        7. Mengandung Bawang/Emotional 

Nah, konten emosional ini bisa kamu bawakan sesekali ke dalam postingan kamu. Eits, bukan berarti kamu menjual kesedihan atau kisah menderita orang lain ya! Perlu digaris bawahi, bahwa yang dimaksud konten emosional disini adalah konten yang mengangkat kepedulian terhadap makhluk hidup. Kamu harus maknai kontenmu sebagai konten aksi peduli yang meningkatkan empati dan sisi kemanusiaan. Jadikan kontenmu sebagai konten yang membuat orang-orang sadar dan semakin peduli dengan orang-orang di sekelilingnya, orang-orang yang membutuhkan, maupun hewan yang tersakiti. Intinya, jangan sebatas menjual belas kasih atau kelemahan orang-orang seperti yang akhir-akhir ini booming di tiktok, tapi sampaikan value dan ajak orang-orang untuk berbuat baik melalui konten yang kamu hadirkan!

        8. Bikin Penasaran 

Sebagai penikmat sebuah konten, pastinya kamu juga paham hal apa yang bikin kamu tertarik untuk melihat sebuah konten. Yup! penasaran. Rasa penasaran akan memicu orang-orang untuk melihat konten kamu! Lalu bagaimana untuk memunculkan rasa penasaran? Biasaya ada sedikit cuplikan-cuplikan singkat di awal video seperti sebuah trailer, atau kamu bisa mendesain tampilan postingan dengan metode bertanya? bisa juga dengan memasang wajah penasaran atau ekspresi yang misterius atau tidak bisa ditebak. Atau dengan metode clickbait versi positif.

        9. Series/Berkelanjutan 

Kamu juga bisa bikin konten series. Ini membantu banget buat kamu yang ingin membuat konten panjang namun diposting secara berkelanjutan, ini bermanfaat banget agar viewer tidak bosan dengan konten kamu, plus bisa bikin penasaran juga mengenai kelanjutan serial berikutnya. Kamu juga bisa bikin series dengan konsep yang sama dengan tema berbeda dan dibuat dengan versi episode atau series. Ini bisa bikin viewers menunggu konten kamu loh! Konten versi ini bisa bikin kontenmu awet loh! Tahu ga kenapa? Karena viewer yang melihat series terbaru kamu akan terpancing untuk melihat ulang konten-konten di series sebelumnya.

        10. Mengundang feedback 

Buat kamu yang sudah lama ga tau feedback viewer kamu atau masih baru bikin konten tapi ga tau apakah viewer kamu menikmati kontenmu atau nggak, kamu bisa pake cara ini. Bikin konten yang mengundang feedback! Ini bisa bantu kamu banget naikin engagement atau keterikatan dengan viewersmu! Dan bisa jadi masukan yang positif buat kamu untuk mengembangkan konten-konten selanjutnya! Contohnya, pernah nonton youtube nerror? Nah di sana Nessie melibatkan viewersnya untuk kasih ide-ide buat ngonten-ngonten selanjutnya! Ide aku pun sempat dibikin Nessie jadi salah satu konten video dia loh pas awal-awal dulu, hehe... Atau seperti Jerome Polin yang aktif banget nanyain pendapat viewersnya baik di video maupun di postingan instagram. Kamu bisa juga nyobain bikin konten kaya gini juga.

        11. Momen Viral 

Nah, untuk momen yang viral adakalanya sangat cocok buat ide konten kamu! Eits, tapi ga semua yang viral harus dikontenin ya! Cek timing dan kesempatan yang pas juga! Bisa pake idenya, baik itu konsep viral, backsound yang lagi viral, trend yang lagi viral, makanan yang lagi viral, makeup viral, berita viral, bahasa gaul yang lagi viral, film/adegan yang viral untuk dibikin versi ala kamu, tagar yang viral, and many more! Hal-hal viral lainnya yang bisa kamu angkat! Momen viral akan menjadi salah satu ide menarik namun, aku tidak menyarankan hal ini untuk dipakai secara terus menerus. Karena memakai momen viral berarti konten kamu hanya cocok pada waktu-waktu tertentu saja. Jika momen viral tersebut telah usang atau basi, maka juga akan berdampak pada konten kamu!

        12. Sesuatu Yang Unik 

Sesuatu yang unik menjadi daya tarik tersendiri karena tidak dimiliki oleh banyak orang atau konten lainnya. Konten tersebut seakan memiliki cirikhasnya sendiri, sehingga menjadi karakter yang dikenal oleh orang. Hal ini dapat tergambar dari cirikhas desain postingan, cirikhas kata-kata, tagar khusus, slogan khusus, pembawaan dalam video, atau isi dari postingan tersebut yang berbeda dari yang lain. Sesuatu yang mindblowing atau yang tidak pernah terfikirkan oleh orang lain sebelumnya. Keunikan ini dapat kamu lihat di video Podcast Dedy Corbuzier dengan slogan 3,2,1 close the door nya dan pajangan di podcast tersebut yang khas dengan kontennya. Pun juga bisa kamu temukan di postingan alvisyahrin dengan logo khas, desain khusus, dan pembawaan kata-katanya yang ala alvi.  

        13. Memberikan Solusi 

Kamu juga bisa bikin konten yang berisi solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada. Solusi dihadirkan lewat isu apapun. Jika kamu menyukai konten memasak dan ingin membuatnya, kamu bisa mulai dengan persoalan yang biasa terjadi dalam memasak yang ga disadari oleh banyak orang, kemudian kamu sampaikan sebaiknya pemakaian bahan makanan yang baik bagaimana, dst. Atau konten tentang perawatan wajah dan solusinya. Konten tentang gagal dalam berhubungan dan solusinya. Cara desain atau mengerjakan tugas dan solusinya. Dan penawaran solusi lainnya yang bisa kamu sajikan lewat konten-konten kamu, sehingga para viewers akan melihat kontenmu sebagai solusi untuk permasalahan mereka, bisa direpost atau bahkan disave.

        14. Memberi Rekomendasi 

Rekomendasi bersifat hampir mirip dengan konten solusi tadi. Bedanya, disini kamu bisa merekomendasikan banyak hal tanpa perlu menyertakan masalah di awal. Contohnya, konten berisi rekomendasi film buat kamu yang hobi jalan-jalan dan travelling, atau rekomendasi tempat-tempat wisata hidden gem yang unik dan mindblowing, atau rekomendasi persiapan pernikahan low budget dsb. 

        15. Challenges 

Konten ini biasanya memiliki daya tarik tersendiri bagi viewers kamu yang menyukai tantangan atau viewers biasa yang sekedar penasaran dengan reaksi challenges yang kamu hadirkan. Ingat! challenge yang kamu ikuti ataupun kamu hadirkan sebaiknya mendatangkan manfaat, bukan sebaliknya! Challenges yang positif akan memberikan dapak baik kepada viewers kamu, bahkan bisa menjadi inspirasi bagi mereka! Positifnya, challenges yang kamu hadirkan bisa dijadikan versi series sehingga menjadikan kontenmu lebih awet.

        16. Story Telling 

Ide story telling sendiri sangat cocok kamu hadirkan di platform manapun. Konten dengan tipe story telling yang menarik apalagi cerita yang kamu sajikan based on true story maka akan membuat viewers betah berlama-lama membaca/menonton kontenmu. Ingat! Apapun story tellingnya, kamu harus menghadirkan sisi positif/pelajaran yang bisa diambil sehingga membawa value yang bernilai bagi viewersmu. 

      17. Sesuatu Yang Informatif, Edukatif dan Inspiratif 

Ini paket komplit buat kamu yang isi kontennya lebih sedikit berat. Biasanya dibawakan oleh organisasi/kelompok/instansi tertentu yang ingin menyampaikan informasi kepada viewersnya. Apapun informasi yang disampaikan, kamu bisa membaurkan ke3nya sekaligus atau memilih salah satunya, apakah memberikan informasi, mengedukasi, atau menginspirasi viewersmu. Contoh: Sudah Tahukah Kamu Kalau... (untuk memberi informasi), Cek Tutorial Pendaftaran... (untuk edukasi), Kisah Ibu Rumah Tangga Yang Sukses... (untuk inspirasi).

        18. Review Atau Ulasan 

Buat kamu yang suka mereview atau berkomentar bisa banget bikin konten dengan ide yang satu ini. Bisa review game, film, makanan/kuliner, street food, hotel, transportasi, travelling, belanja online, produk, dll. Konten review yang kamu hadirkan harus mengandung ulasan dengan tata bahasa yang baik dan jujur ya! Jadi, tidak merugikan viewers kamu nantinya. Jika ingin mereview tempat misalkan, sampaikan kapan kamu mengunjungi tempat tersebut dan bagaimana pelayanan di sana, atau untuk produk sampaikan berapa lama pemakaian produk tersebut dan bagaimana efeknya. Benar-benar harus jujur ya!

        19. First Time Experience 

Ini juga ide konten yang sangat menarik karena mengundak reaksi yang sangat jujur. Pengalaman pertama bisa menjadi inspirasi bagi viewers juga. Viewers akan melihat reaksi jujur dari kamu langsung. Bahkan tak jarang, jika ada diantara mereka yang sudah pernah melaluinya akan memberikan komentar pengalaman mereka masing-masing. Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan diakhir konten tentang pengalam viewers.

        20. Perayaan Hari-Hari Besar 

Konten dengan ide hari-hari besar juga tak dapat dipandang sebelah mata. Karena hari-hari besar atau hari raya memiliki nilai dan kesan tersendiri pada viewers, dengan menghadirkan konten yang berkaitan dengan hari-hari besar atau hari-hari tertentu bisa menjadi value tersendiri apalagi kamu juga ikut memberikan ucapan selamat. 

Bagaimana sobat? Semoga tips dari aku bisa menjadi inspirasi bagi kali dalam membuat dan mengembangkan konten! Jangan lupa follow sosial media aku dan ikuti blogku untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya! Terimakasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya!! ^ ^

 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments