Pengalamanku Mengikuti CPNS LIPI 2018 Part 2

By Meisarah Marsa, S.Sos - Desember 21, 2018

Tahapan SKD

Tips dari aku untuk kalian di tahap ini (berdasarkan pengalaman) :

  1. Pahami dengan baik passing grade formasi yang kalian ambil, dan pilih prioritas soal yang akan kalian jawab berdasarkan passing grade tsb. Contoh, formasi yang aku ambil adalah cumlaude, dengan batasan passing grade nilai kumulatif paling rendah 298 dan TIU paling rendah 85. Jadi, waktu itu prioritas aku di TIU. Kalau untuk umum, passing grade yang paling tinggi terletak di TKP pada 2018. Jadi, intinya prioritaskan soal dengan passing grade yang tinggi terlebih dahulu. 
  2. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Dan catat soal-soal sulit atau yang kalian jawab dengan ragu2.
  3. Lakukan latihan menjawab soal sesering mungkin, kalau bisa latihannya pake waktu 1 jam. Jujur, aku nggak pernah beli buku tes cpns yang tebal. Boro-boro belajar, liat bukunya yang tebal aja bikin aku males wkwkwkwk. Jadi, aku milih buat nyari di internet kumpulan soal dan kisi-kisi TWK, TIU, dan TKP. It works kok. 
  4. Jangan lupa bawa KTP dan kartu ujian kalian (jangan sampe hilang) karena ini akan digunakan sampai tahap terakhir.
Ok, aku lanjutin ceritanya. Jadi di hari ujian SKD, aku dateng lebih awal di Gedung BKN Pusat (ruang CAT LAMA). Jadwal ujianku jam 4 sore, tapi aku udah stand by dari jam 11 (kebayang ga sih betapa bosannya menunggu :') But, di situlah letak kedisiplinan kita. Paling telat emang harus datang 1 jam sebelum ujian. Jangan mepet banget. Karena pernah kejadian, ada yang salah tempat ujian. Untung si peserta ini dateng lebih awal banget jadi dia bisa nyusul ke tempat ujiannya yang asli, ceritanya dia nyasar ke tempat tes aku. So, hati-hati ya! Jeli lah melihat informasi. Oya, waktu itu kita menunggu di area depan gedung dan diberi snack. 

Suasana di area tunggu

Well, waktu itu aku ditemenin sama ade sepupu aku. Biar ada temennya hhheee. Di gedung BKN, kita sempet makan siang di kantin belakang. Isi amunisi dulu lah biar fokus. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya tiba giliran aku guys. Kita dipanggil berdasarkan urutan nama buat jatah loker (penyimpanan barang) dan untuk melakukan registrasi. Mending nggak usah bawa banyak barang ya, biar muat diloker, karena yang cuman dibolehin bawa hanya kartu ujian dan KTP. 

Setelah selesai regis, kita diperiksa tuh satu-satu. Nggak boleh bawa hp, jam tangan, gelang (segala jenis aksesoris nggak boleh lho), aku aja sampe ngelepasin cincin huhu. Untung ketemu guys, karena sempet hampir ilang. Ilustrasinya kira-kira begini.

Ilustrasi Pemeriksaan Peserta Ujian CPNS

Nah, habis itu baru kita masuk ruangan ujian. Pengalaman yang sempat bikin aku panic juga ada. Ini terjadi pas aku udah masuk ruangan gedung BKN CAT lama. Di sana, kita milih tempat duduk terserah dan aku milih bagian paling pinggir deket dinding, nyari posisi nyamanlaaaah. Eh pas aku cek komputernya bermasalah dan error cuuuuy. Ya seketika aku paniklah, krna beberapa menit lagi ujian dimulai. Aku langsung lihat area belakang dan untungnya, ada yang kosong. Secepat kilat aku langsung ambil posisi ke sana. Horor sih, tapi untunglah masih sempet. Jadi, buat kalian yang mau tes juga jangan lupa periksa computer kalian terlebih dahulu ya, pensil juga, kali aja pensilnya patah, atau jika ada kendala lain segera laporkan ke panitianya.

Ilustrasi Ruang Ujian

Selesai ujian, kalian bisa lihat nilai kalian pada saat itu juga. Supaya nggak lupa, aku catat score di kartu ujianku pake pensil. Well, kalaupun kalian lulus dari hasil nilai yang kalian lihat jangan senang dulu. Karena, hasilnya bakal di ranking dengan peserta lain yang mengambil formasi yang sama dengan kalian. 

Butuh waktu sekitar 1 bulan buat nunggu pengumuman hasil SKD. Dan hasilnyapun keluar….
Dan alhamdulillah aku lulus, dan lanjut untuk SKB :)

Bersambung ke bagian 3..

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Terima kasih kak atas sharing pengalamannya di SKD Lipi 2018. Saya mau tanya, utk test tahapselanjutnya di SKB, apakah ada sistem gugur atau tidak ya utk masing2 tahapan test nya?
    Ditunggu balasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. untuk tes SKB ga ada sistem gugur, semua yang lolos ke tahap SKB dites sampai selesai. Nah, nanti baru diakhir diumumkan yang lulus dan ga lulusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. kak, utk lanjutan "Pengalamanku Mengikuti CPNS LIPI 2018 Part 3" ada di bagian mana ya?

      Hapus
    3. ouh oke, jdi ntar di akhir, nilai semua per tahapan SKB diakumulasi ya kak, trus di rangking utk mengisi formasi jabatan ya?

      Hapus
    4. Yups, bener. Tahun lalu seperti itu

      Hapus