Maritime Security in East Asia: Major Issues and Regional Responses

By Meisarah Marsa, S.Sos - April 04, 2016


 

Sebuah review :

Maritime Security in East Asia: Major Issues and Regional Responses
Jin-Hyun Paik

            Jin Hyun Paik mencoba menganalisa isu dan respon regional terhadap keamanan maritime di Asia Timur dalam tulisannya yang dimuat pada Journal of International and Area Studies, Desember 2005. Jin Hyun menilai bahwa isu – isu maritime sebagai isu penting di kawasan Asia Timur karena bagaimanapun hal ini akan sangat berpengaruh baik dalam aspek politik maupun ekonomi. Isu – isu maritim tersebut dapat menimbulkan ancaman serius yang dapat mengancam stabilitas keamanan dan kawasan. Sehingga, perlu adanya perhatian khusus terhadap masalah keamanan maritime baik dalam relevansi dan peran aturan hukum dalam upaya meningkatkan lingkungan keamanan maritime di kawasan Asia Timur.
            Masalah utama yang dapat mengancam keamanan maritim kawasan Asia Timur dapat dikategorikan ke dalam beberapa bagian yaitu :
  1. -          Sengketa kedaulatan pulau – pulau lepas pantai
  2. -          Masalah perbatasan maritime
  3. -          Masalah pangkalan militer angkatan laut dan implikasinya terhadap keamanan jallur laut
  4. -          Rejim navigasi
  5. -          Konflik sumber daya
  6. -          Pemeliharaan hukum dan ketertiban di laut 

Dari permasalahan maritime tersebut, perlu dilakukan peningkatan terhadap keamanan maritime di kawasan Asia Timur. Karena berdasarkan fakta yang terjadi, isu isu tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung sangat berkaitan erat dengan transformasi politik, strategis, dan ketertiban hukum regional. Beberapa respon yang dapat dilakukan di kawasan regional Asia Timur antara lain :
-          Membangun sebuah rejim maritime kawasan yang stabil
o    Pertama, penting untuk meningkatkan keterbukaan dan transparansi rejim dan praktek maritime antar negara – negara kawasan.
o    Kedua, Konvensi LOS menawarkan pacific settlement system yang secara substansial mampu memberikan konstribusi terhadap perkembangan uniform practice dan interpretasi konvensi
o    Ketiga, negara – negara regional dapat melakukan upaya dalam mengembangkan rejim maritime ke arah yang lebih harmonis dan solid
-          Melaksanakan berbagai upaya dalam membangun kepercayaan maritime
-          Memisahkan wilayah / masalah yurisdiksi dari sumber masalah
-          Mengadakan kerjasama regional untuk memelihara hukum dan menjaga ketertiban di laut
Masalah keamanan yang dikelola secara transnasional dengan pendekatan koordinasi dan kerjasama  sangat penting untuk meningkatkan keamanan maritime regional. Hal ini tentunya akan mendatangkan manfaat bagi negara – negara di kawasan Asia Timur. Namun, hal yang menjadi hambatan utama dalam kerjasama maritime ini adalah tertanamnya gagasan kedaulatan yang kuat di masing – masing Negara regional. Sehingga, mereka enggan untuk menyetujui kerjasama dalam upaya kompromi dalam upaya penyelesaian masalah yang ada. Selain itu, wacana negara lemah yang akan didominasi oleh negara kuat masih menjadi suatu sudut pandang negara – negara regional dalam menilai proses kerjasama maritime. Hal ini tentunya akan menimbulkan ketidak percayaan yang semakin menghambat upaya kerjasama maritime yang lebih luas.
Terdapat paradigm utama politik maritime yang masih terpusat pada negara. Dalam hal ini negara regional harus mempertimbangkan functional oriented approach terhadap kedaulatan atau dalam pendekatan yurisdiksi. Negara kawasan harus menjalin perjanjian kerjasama  untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan maritime yang akan datang. Beberapa bentuk kerjasama yang dapat dilakukan seperti pengembangan sumber daya laut dan perlindungan lingkungan laut. Dengan dibentuknya perjanjian tersebut, masalah teritori dapat diatasi dengan yuridkisi perjanjian. Hal ini dapat menjadi solusi optimal dalam penyelesaian masalah yang ada. Sehingga, negara – negara regional perlu menyadari dan memberikan perhatian khusus terhadap peran aturan hukum dalam meningkatkan lingkungan keamanan maritime.



  • Share:

You Might Also Like

0 comments