Questions & Answers of International Relations in American Region

By Meisarah Marsa, S.Sos - April 04, 2016




1.    Pembentukan dan kesuksesan organisasi regional hanya bisa dicapai melalui penegakan Demokrasi beserta elemennya, apakah anda setuju? Jelaskan dengan contoh!
Jawab :
            Ya saya setuju bahwa dengan merealisasikan sistem demokrasi maka kesuksesan organisasi regional dapat dicapai. Mengapa hanya sistem demokrasi yang bisa mensukseskan suatu organisasi regional? Argumen yang saya simpulkan yaitu :
-          Sistem demokrasi merupakan sistem yang mainstream digunakan oleh semua organisasi internasional yang dilakukan salah satunya dengan menggunakan consensus dalam pengambilan keputusan bersama.
-          Jika suatu organisasi internasional memiliki elemen-elemen demokrasi, maka tentunya akan ada suatu konsep “check and balance” yang menjadi penyeimbang antara kepentingan Negara besar dengan Negara kecil dalam suatu organisasi regional
-          Dengan adanya penegakkan sistem demokrasi yang baik, maka akan dapat meminimalisir kerugian, meskipun dalam mencapai kesepakatan untuk upaya meminimalisir kerugian tersebut membutuhkan proses yang panjang
-          Sistem demokrasi dapat memberikan ruang yang lebih luas khususnya kepada Negara-negara kecil di kawasan regional untuk turut menyuarakan aspirasi yang mengupayakan keuntungan bagi negaranya
            Contoh & upaya penegakkan demokrasi dalam organisasi regionaldapat dilihat dari kesuksesan ANDEAN COMMUNITY dalam menyelesaikan sengketa perdagangan antara Peru dan Ekuador. Di mana Ekuador yang terkena devaluasi dollar dan mengeluarkan kebijakan resolusi 116 dengan dalih tidak menyalahai aturan karena sesuai dengan pasal 73 perjanjian kartegena. Namun, kebijakan Ekuador ini telah mengakibatkan kerugian  terhadap ekspor Negara-negara ANDEAN di mana kerugian terbesar dirasakan oleh Peru mencapai US$ 120juta. Peru akhirnya meminta ANDEAN untuk menyelesaikan permasalahan ini.
            ANDEAN melalui The Court of Justicenya mengeluarkan 1695 dan 1716.Resolusi ini merupakan hasil dari pertimbangan secara demokratis dengan meminta pertimbangan dari member CAN lain yang juga merasa dirugikan.Kemudian dilakukan penyidikan atas inisiasi Kolumbia sebagai sekjen CAN. Dengan melihat pada pertimbangan cost dan benefit atas kebijakan resolusi 116 yang dikeluarkan Euador yang tidak hanya merugikan Negara member CAN tapi juga Ekuador maka akhirnya Ekuador menghapus hambatan perdagangan resolusi 116nya. Penyelesaian secara demokratis dengan mempertimbangkan pandangan Negara Negara ANDEAN yang dirugikan dalam pengadilan ANDEAN telah menghasilkan kemajuan perekonomian di Negara-negara ANDEAN.
2.      Dalam kawasan Amerika, setidaknya terdapat Delapan Organisasi Regional. Apakah inisiatif regionalisme ini mempercepat atau justru memperlambat penerapan skema liberalisasi WTO? Jelaskan dengan contoh!
Jawab :
-          Inisiatif regionalism sejatinya dapat dilihat dari dua sudut pandang, apakah sebagai stumbling block atau building block.
-          Sebagai stumbling block salah satunya karena dapat memotivasi Negara berkembang (South) untuk melakukan kerjasama dengan Negara maju (North). Kerjasama regional ini difasilitasi dengan aturan-aturan yang dapat dirumuskan tanpa menyalahi aturan WTO. Sehingga Negara-negara berkembang yang tadinya pesimis untuk melakukan kerjasama dengan Negara maju karena khawatir dieksploitasi akhirnya termotivasi untuk melakukan kerjasama dengan Negara maju.  
-          Sebagai building block salah satunya karena dapat menciptakan blok-blok tertentu yang membuat dunia internasional menjadi terfragmentasi. Ditambah lagi, kelompok regional yang terbentuk terkadang cenderung pada kepentingan aliansi geo politik daripada perdagangan bebas.
-          Meskipun GATT memiliki artikel 24 yang membolehkan RTA, namun setiap RTA yang ada akan berada di bawah pengawasan WTO. Terutama mengenai aturan RTA yang harus memenuhi syarat sekam liberalisasi WTO, seperti mengurangi atau menghilangkan hambatan perdagangan dll.
-          Sehingga, jika suatu inisiatif regionalism dari organisasi regional menyalahi atau berseberangan dengan aturan WTO tentunya hal ini akan memperlambat skema liberalisasi WTO yang mengupayakan perdagangan bebas secara multilateral. Perlambatan ini juga tidak lepas dari terfragmentasinya perdagangan internasional ke dalam regionalism yang dapat menciptakan hambatan perdagangan yang menyalahi prinsip WTO.
            Contoh :
            Kasus keluarnya Venezuela dari ANDEAN dan berpindah ke MERCOSUR.Venezeula yang sebelumnya tergabung di ANDEAN melihat peluang kerjasama yang menguntungkan di ANDEAN.Dibentuknya ANDEAN sebagai upaya optimis Venezuela untuk mulai mengarah pada perdagangan bebas, namun tentu saja optimisme perdagangan bebas tersebut dikarenakan ketiadaan campu tangan AS secara langsung dalam ANDEAN.Akan tetapi, ketika dua Negara anggota ANDEAN menandatangani perjanjian bilateral dengan AS, maka keoptimisan Venezuela untuk ikut dalam liberalisasi kerjasama ANDEAN berubah menjadi pesimis.Venezuela kemudian berpindah haluan ke MERCOSUR yang dinilai “aman” dari AS.Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa keberadaan regionalism bukannya mendukung skema liberalisasi WTO namun justru berkembang ke dalam blok perdagangan baru yang secara tidak langsung menciptakan trade creation atau proteksionisme dalam llingkup regionalism.
3.      Dalam isu kedekatan Kuba dan Rusia, organisasi Regional di Kawasan Amerika, seperti OAS cenderung tidak ikut campur walaupun cukup mengganggu Negara lain di kawasan tsb. Bagaimana efektifitas prinsip ‘No Interference’ yang sering digunakan oleh organisasi regional dalam menyelesaikan konflik antar Negara anggotanya? 
Jawab :
            Efektivitas prinsip non interference yang digunakan oleh organisasi regional yang dalam kasus ini adalah OAS, maka dapat dilakukan analisa dalam beberapa hal berikut :
-          OAS merupakan organisasi regional Amerika, yang di tujukan untuk menciptakan tatanan kawasan yang damai dan adil, meningkatkan solidaritas negara-negara kawasan, menguatkan kerjasamanya, serta untuk mempertahankan secara kolektif mengenai kedaulatan., integritas teritorial, dan kemerdekaan mereka.
-          OAS berfokus pada : Strengthening democracy, Working for peace, Defending human rights, Fostering free trade, Fighting the drugs trade, and Promoting sustainable development
-          Sebagai salah atu prinsip OAS : Menghormati personality, sovereignty, and independence of States. (prinsip non-intervensi). Prinsip non interference dalam OAS diterapkan kepada setiap Negara anggotanya, sehingga Negara anggotanya memiliki kewajiban yang sama yaitu mematuhi prinsip non interference.
-          Akan tetapi pada realisasinya, prinsip non interference tersebut dilanggar oleh AS sebagai Negara anggota OAS atas justifikasi memerangi komunis yang menjadi musuh bersama oleh Negara demokrasi. Justifikasi tersebut diterima oleh OAS yang didominasi oleh Negara-negara demokrasi terutama AS. Namun sejatinya, justifikasi tersebut tidak lepas dari kepentingan AS. Bahkan organisasi OAS sendiri juga merupakan salah satu instrumen politik AS untuk mencegah efek domino komunis di kawasan Amerika.
-          Di mana AS melakukan intervensi terhadap Kuba akibat kedekatan Kuba dengan Rusia. Selama masa perang dingin, AS pernah mencoba menintervensi Kuba di Teluk Babi, namun intervensi ini akhirnya gagal dan Kuba kemudian menyatakan untuk bersekutu dengan Uni Soviet. Sehingga, hubungan AS dan Kuba mulai memanas. AS bahkan menerapkan sanksi embargo dan sanksi-sanksi lainnya untuk memaksa Kuba agar tunduk pada AS.
-          Prinsip non Intervensi seakan-akan tidak berlaku terhadap AS. Karena intervensi AS ke Kuba tidak digubris atau dikritisi oleh OAS.
-          Sehingga dapat disimpulkan bahwa prinsip non interference yang digunakan oleh OAS ternyata tidak efektif dalam menangani permasalahan kedekatan hubungan Kuba dan Rusia.

4.      Menurut anda, organisasi apa yang paling efektif untuk menyelesaikan masalah di bawah ini:
a.       Konflik Kolombia – Venezuela (Gerakan FARC)
b.      Sengketa Perdagangan Otomotif Brazil – Argentina
JELASKAN!
Jawab :
a)      UNASUR
Organisasi ini dianggap paling efektif untuk menyelesaikan masalah konflik Kolumbia – Venezuela karena :
o   UNASUR merupakan organisasi internasional dengan 3 prinsip utama yaitu, zone of peace, strengthening democracy, dan ensuring human rights.
o   Dari segi keanggotaan, Kolumbia dan Venezuela merupakan salah satu dari anggota UNASUR. Meskipun keduanya juga menjadi anggota ANDEAN Community. Namun, ANDEAN Community berbeda dengan UNASUR karena lebih condong pada aspek ekonomi dibandingkan dengan UNASUR yang tidak hanya prospek pada aspek ekonomi tapi juga demokrasi dan perdamaian.
o   Fuerzas Armadas Revolucionaries de Colombia (FARC) merupakankelompok pemberontak terhadap pemerintah Kolumbia
o   Dalam kasus ini, Venezuela yang beraliran sosialis telah memberikan dukungan oposisi (support Opposition), bantuan militer (Military Advisors) dan bantuan Finansial (Economic Aid) kepada FARC. Di mana bentuk dukungan ini dinilai sebagai intervensi Venezuela terhadap konflik domestic Kolumbia. Akibatnya, hubungan Venezuela dan Kolumbia dihadapkan dengan krisis perbatasan, krisis keamanan dan hubungan bilateral.
o   Dengan merujuk pada prinsip zone of peace, di mana UNASUR mengupayakan kawasan bebas konflik dan menjunjung tinggi perdamaian sehingga dapat mengupayakan penyelesaian masalah Venuela Kolumbia dalam kasus FARC yang lebih efektif.
o   Melalui Defense Council, UNASUR menyelenggarakan pertemuan di Qiuito pada Juli 2010 dalam upaya menemukan solusi dan memberikan dukungan kepada Kolumbia salah satunya dengan tidak memberikan tempat perlindungan bagi para pemberontak dan melawan proxy war. Konflik ini kemudian dapat diselesaikan melalui UNASUR setelah sebelumnya sempat disidangkan di OAS. Namun, pada akhirnya melalui UNASUR lah, konflik keduanya dapat diselesaikan secara bilateral melalui dukungan dari member UNASUR.

b)      WTO

Organisasi ini dianggap paling efektif untuk menyelesaikan masalah sengketa perdagangan otomotif Brazil – Argentina karena :
o   Dilihat dari kasusnya, konflik ini merupakan konflik perdagangan
o   Konflik yang dipicu oleh pembatalan automatic licensing untuk impor yang dilakukan oleh Argentina terhadap Brazil. Di mana Brazil kemudian memberlakukan hambatan non tariff untuk impor mobil dari Argentina.
o   Awalnya permasalahan ini dicoba diselesaikan dalam MERCOSUR, namun karena kedua Negara ini merupakan leading role di MERCOSUR dan merupakan dua Negara besar di Amerika Latin maka persengketaan antara keduanya tidak dapat diselesaikan oleh MERCOSUR secara efektif. Atau dengan kata lain, MERCOSUR mengalami kesulitan dengan permasalahan kedua Negara tersebut. Selain itu, sengketa yang terjadi antara Argentina dan Brazil sering terjadi berulang-ulang.
o   Sehingga, masalah ini kemudian dibawa ke WTO untuk diselesaikan. WTO sebagai organisasi perdagangan dunia tentunya lebih competen dalam menyelesaikan kasus perdagangan antara dua Negara besar di Amerika Latin daripada MERCOSUR melihat dari regulasi WTO dan elemen-elemen WTO yang lebih mapan dari pada MERCOSUR.

5.      Menurut anda, dari Delapan organisasi Regional di kawasan Amerika yang telah dipresentasikan, organisasi manakah yang paling prospektif dalam mewujudkan integrasi ekonominya? Jelaskan!
Jawab :
            Menurut saya, dari delapan organisasi regional yang paling prospektif dalam mewujudkan integrasi ekonominya adalah organisasi MERCOSUR. Hal ini dikarenakan :
-          Dilihat dari sejarah terbentuknya, MERCOSUR dilatar belakangi oleh latar belakang politik dan ekonomi yang sama di antara Negara-negara anggotanya. Di mana negara anggota MERCOSUR yang dulunya bukanlah negara dengan sistem ekonomi yang liberal dan dari segi politik negara-negara MERCOSUR dulunya sama-sama mengalami dilemma keamanan sehingga memunculkan rezim militer dan mengakibatkan krisis. Di mana dua negara besar di Amerika Latin Brazil dan Argentina terlibat dalam dilemma keamanan ini. Namun, keduanya menyadari cost yang ditimbulkan lebih besar maka keduanya sepakat memulihkan hubungan dengan memulai proses demokratisasi pada tahun 1980an. Brazil dan Argentina menandatangani Program Integrasi dan Kerjasama Ekonomi pada tahun 1986. Dan pada tahun 1991, Menteri Luar Negeri Brasil, Argentina, Paraguay dan Uruguay kemudian menandatangani Perjanjian Asuncion yang merupakan perjanjian berdirinya MERCOSUR. Atas kesamaan nasib sejarah tersebut, negara anggota MERCOSUR termotivasi untuk meliberalisasi ekonomi mereka dan untuk melindungi demokrasi dari intervensi militer. Dengan demikian, member MERCOSUR memilki integrasi lebih dalam dalam mewujudkan tujuan MERCOSUR.
-          Dilihat dari struktur Sistem, MERCOSUR memiliki struktur system yang hampir menyerupai EU.

Executive
Legislative
Judiciary
MERCOSUR
CMG & Trade Commission
Parlasur
Permanent Reviwe Court
EU
European Commission & European Council
European Parliament, European Commission (initiative) Council of the EU
Court of Justice of the EU


Consultative Organ
Dispute Settlement
Technical Assistance
MERCOSUR
Economic and Social Consultative Forum
Permanent Review Court
Technical Secretariat
EU
European Economic and Social Committee
Court of Justice of EU
Commission Directorat General

-          MERCOSUR merupakan organisasi yang dibentuk untuk mewujudkan custom union dengan mencontoh model Eropa. Sehingga MERCOSUR menyediakan integrasi lebih dalam dari NAFTA dalam hal tujuan dan tingkat institusionalisasi.
-          Melihat proses integrasi ekonomi MERCOSUR yang dapat dilihat dari 3 fase. Pertama, selama tahun 90an member MERCOSUR mengupayakan peningkatan perdagangan. Kedua, di akhir tahun 90an, MERCOSUR mengalami krisis yang mengakibatkan penurunan ekspor regional dari 25% menjadi 11,5% dan impor dari 21% menjadi 17%. Ketiga, kegagalan tersebut dapat diatasi oleh MERCOSUR di mana pada tahun 2003, MERCOSUR berhasil bangkit pasca krisis dengan menjalin trading partner utama bersama EU, China, dan Kanada. Sehingganya, pada 2010, total perdagangan MERCOSUR mengalami peningkatan hingga US $ 44 milyar.

6.      Jelaskan dan beri contoh dimensi internasional/transnasional dari isu di bawah ini (Pilih Minimal Dua Isu):
a.       Islam di kawasan Amerika
b.      Separatisme
c.       Perdagangan Manusia
d.      Perdagangan Narkoba
Jawab :
Dalam hal ini, saya mengambil 2 isu yaitu : isu perdagangan manusia dan isu perdagangan narkoba. Kedua isu ini menjadi isu global kontemporer dikarenakan :
ü  Memiliki dimensi internasional dan transnasional
ü  Meluas pasca perang dingin
ü  Isu-isu perdagangan narkoba lebih cenderung kearah human security
ü  Bersifat non konvensional, non militer, multidimensional
ü  Isu ini sulit dikenali karena sifatnya yang melewati batas antar Negara hingga batas-batas regional sehingga digolongkan dalam “Grey Area Phenomenome”

1.      Kasus perdagangan narkoba
·   Kasus perdagangan narkoba merupakan salah satu kasus yang sangat berkembang luas di kawasan Amerika. Dalam hal ini saya akan mengambil kasus pelegalan marijuana oleh Uruguay.
·   Uruguay menandatangani UU baru mengenai legalisasi ganja dalam Law 19,172 yang tidak hanya terbatas pada pemanfaatan medis, namun dilegalisasi secara penuh baik dari segi penjualan, pemanfaatan, dan produksi.
·   Hal ini tentunya menentang Perjanjian Versailles 1919 yang melarang penggunaan narkoba di seluruh dunia.
·   Pemerintah Uruguay melegalkan marijuana adalah untuk melakukan control terhadap transaksi marijuana di pasar gelap di samping menambah pemasukan untuk Negara.
·   Tidak hanya Uruguay yang merupakan Negara pertama di dunia yang melegalkan marijuana, Negara bagian AS yaitu Washington dan Collorado juga secara tidak langsung melegalkan transaksi dan penggunaan marijuana.
·   Melihat bagaimana tanggapan AS atas legalisasi marijuana ini, bahwa secara federal AS masih melarang upaya legalisasi marijuana. AS sebagai Negara yang mendukung perjanjian Versailles 1919 yang ikut menyuarakan perang melawan narkoba pada 1980 sehingga menjadikan AS sebagai "prohibitionist-in-chief".
·   Namun, AS sebagai "prohibitionist-in-chief" belum mampu melakukan intevensi terhadap Uruguay disebabkan dua Negara bagiannya juga melakukan pelegalan narkoba.
·   Legalisai ganja ini mendapat dukungan sekaligus penentangan dari dunia internasional. Meskipun saat ini, Uruguay berupaya untuk “membujuk” AS dalam mendukung legalisasi, namun AS sebagai "prohibitionist-in-chief" masih memegang teguh pelarangan tersebut. Meskipun berdasarkan hasil ploting, lebih dari 50% masyarakat AS mendukung upaya legalisasi ini.
·   Pelegalan marijuana oleh Negara dengan dalih control terhadap illegal transaction, namun akan tidak efisien jika kekuatan pasar lebih dominan dari kekuatan Negara. Kebijakan ini secara tidak langsung telah memberikan kontribusi dalam penggunaan narkoba di dunia. Sehingga, campur tangan pemerintah dalam pembatasan pembelian dan produksi ganja dapat dinilai sebagai kebijakan kontra-produktif.
·   Perkembangan pasar gelap perdagangan narkoba telah berkembang di wilayah Amerika Latin yang dominan sebagai pemasok dan wilayah Eropa dan Amerika Utara yang dominan sebagai pengkonsumsi. Adapun transaksi narkoba juga telah berkembang pesat di wilayah Asia.

2.      kasus perdagangan manusia
·   kasus ini dilatar belakangi oleh faktor ekonomi, kurangnya pendidikan, diskriminasi gender, kerangk hokum dan pengaturan yang tidak efektif, konflik, kurangnya penegakkan keamanan di era globalisasi.
·   Kasus human trafficking didominasi oleh korban wanita dan anak-anak
·   Pada 2012, berdasarkan data dari US Departemen of Justice menginformasikan bahwa terdapat 300.000 anak-anak terkena resiko perdagangan manusia di AS. Kasus ini marak karena memiliki keuntungan bisnis yang menggiurkan di mana dalam satu tahun, human trafficking di US diprediskai dapat menghasilkan US $ 9.5 milyar.
·   Dalam kasus ini, AS diidentifikasi sebagai sumber transit dan tujuan dari perdagangan manusia pada 2012. Angka Negara tertinggi yang melakukan perdagangan manusia ke AS antara lain : Thailand 21 %, india 20%, Mexico 10%, Philippines 8% dan Haiti 7%. Di mana sebanyak 46% ditujukan untuk prostitusi, 27% sebagai domestic servitude, 10% agriculture, sisanya ditujukan untuk sex tourism, forced marriage, dll.
·   Selain AS, tujuan perdagangan manusia terbesar lainnya adalah China dengan asal perdagangan manusia didominasi dari Negara Vietnam, Myanmar, Laos, Mongolia, Rusia, dan Korea Utara.

7.      Silahkan cek soal masing-masing pada table UAS Lisan – OK Tubes!
** Mengapa Paraguay menolak Venezuela untuk menjadi anggota tetap MERCOSUR ?? Bagaimana dampaknya terhadap interaksi negara anggota MERCOSUR?
-          Venezuela keluar dari CAN pada20 April 2006. Keputusan ini diambil oleh Venezuela sebagai respon atas masuknya pengaruh AS di ANDEAN. Di mana Kolumbia dan Peru menandatangani perjanjian bebas dngan AS.
-          Venezuela mengajukan diri untuk masuk MERCOSUR pada2006
-          Namun, Venezuela baru memutuskan untuk masuk pada tahun 2006 melalui protocol Adhesi yang disetujui oleh 3 negara anggota MERCOSUR yaitu Argentina, Brazil, dan Uruguay.
-          Namun, Parlemen Paraguay menolak Venezuela untuk memberikan keanggotaan penuh di MERCOSUR. Di mana Paraguay kemudian memveto keanggotaan Venezuela sebagai Negara penuh pada saat consensus MERCOSUR
-          Alasan Paraguay adalah dikarenakan Negara Venezuela merupakan Negara yang tidak demokratis. Di mana dikhawatirkan Negara Venezuela akan :
o   Filosofi Venezula yang tidak demokratis akan bertentangan dengan prinsip perdagangan bebas. Tentunya hal ini dapat menjadi hambatan besar dalam aktivitas perdagangan dengan antar sesame Negara anggota MERCOSUR nantinya. Ditambah lagi dengan sistem pengambilan keputusan MERCOSUR melalui consensus, dimana akan menyulitkan jika Venezuela sewaktu-waktu melakukan veto terhadap agenda ekonomi yang secara langsung tidak menguntungkan Venezuela namun ternyata menguntungkan member lain. Keputusan veto berlaku untuk Negara full member.
-          Keputusan Paraguay ini tentunya bertentangan dengan keputusan 3 negara MERCOSUR lainnya yang menginginkan Venezuela untuk masuk dan menjadi anggota penuh MERCOSUR.
-          Meskipun keputusan ini bertentangan dengan 3 negara MERCOSUR lainnya, namun hal ini tidak berdampak besar terhadap interaksi antar anggota MERCOSUR dengan Paraguay
-          Meskipun bertentang, keputusan tersebut tidak membawa pengaruh yang signifikan terhadap interaksi antar member MERCOSUR dengan Paraguay. Hal ini dikarenakan, bahwa keanggotaan Venezuela masih diberi kesempatan oleh Paraguay untuk menjadi associated state.
-          Melihat besarnya kepentingan 2 member MERCOSUR (Brazil dan Argentina yang menginginkan benefit energy minyak dan supply pertanian) yang menginginkan Venezuela masuk menjadi full member, maka dilakukan “agenda setting” untuk Venezuela selama menjadi associated member agar suatu saat bisa diterima sebagai full member. Agenda setting antara lain dengan Venezuela diberikan waktu adaptasi selama 4 tahun terkait dengan tarif umum eksternal (CET) serta semua Perjanjian, Resolusi, dan Keputusan yang membentuk kerangka Mercosur.
-          Namun, kondisi mulai berbalik ketika Paraguay dibekukan keanggotaannya pada Juni 2012. Hal ini membawa keuntungan bagi Venezuela. Di mana Venezuela kemudian masuk menjadi anggota peuh MERCOSUR. Pembekuan keanggotaan Paraguay setelah terjadi bentrokan yang menewaskan 17 orang, ditambah lagi Presiden Paraguay, Fernando Lugo dinilai tidak mampu mengatasi kasus pembelian tanah yang kontroversial, nepotisme, dan tidak mampu memelihara keamanan. Namun, pembekuan keanggotan tersebut tidak diiringi dengan tuntutan sanksi mengingat kondisi ekonomi Praguay yang sedang lemah.








  • Share:

You Might Also Like

0 comments