Peran Andean Community dalam Menyelesaikan Sengketa Perdagangan Antara Peru dan Ekuador

By Meisarah Marsa, S.Sos - April 01, 2016

Latar belakang terbentuknya Andean Community
  1. Pada awalnya, Negara-Negara Andean hanya bergantung pada ekspor produk pertanian dan bahan mentah.
  2. Negara-Negara ini memiliki kekurangan dalam sektor industry. Karena mereka takut tidak bisa memenuhi standar hidup dan takut akan tertinggal dengan Negara lain, mereka membuat Andean Pact pada 1969.
  3. Perekonomian negara juga bergantung pada barang-barang impor yang berasal dari AS dan Eropa.

Andean Community dibentuk pada 26 Mei 1969 dengan disepakatinya Cartagena Agreement yang terdiri dari negara-negara Amerika Latin (Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru, Chili, Venezuela). 

Member
         Full members:
          Bolivia (1969)
          Colombia (1969)
          Ecuador (1969)
          Peru (1969)
         Associate members:
          Argentina (2005)
          Brazil (2005)
          Paraguay (2005)
          Uruguay (2005)
          Chile (2006)
         Observer countries:
          Spain
         Former full members:
          Venezuela (1973–2006)
          Chile (full member 1969-1976, observer 1976-2006, associate member since 2006)

Andean Community Structure and decision making procedures
         Andean Council Commission
         Andean Council General Secretariat
         Andean Community Court of Justice

ANDEAN Purpose
       Tujuan utama dari Komunitas Andes adalah untuk membawa pola pembangunan yang seimbang dan harmonis bagi negara-negara anggota melalui proses peningkatan integrasi ekonomi dan kerjasama sosial. Dengan melaksanakan liberalisasi perdagangan intra-blok dan mempererat hubungan perdagangan eksternal yang harmonis.

CASE STUDY : SENGKETA  DAGANG ANTARA PERU DAN EKUADOR

Kronologi :
  1. 19 November 2013, Ekuador mengeluarkan Resolution No.116 of the Committee on Foreign Trade (COMEX) dengan menetapkan sertifikat pengakuan dalam the requirement of the Instituto Ecuatoriano de Normalización (INEN) dan Servicio Nacional de Aduana  del Ecuador (SENAE) sebagai dokumen pendukung untuk teknis produk impor dan Bea Cukai terhadap 293 produk.
  2. 28 Februari 2014, Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru (Mincetur) mengadakan kontak langsung dengan pemerintahan Ekuador, namun tidak mendatangkan hasil
  3. Awal April 2014, setelah beberapa bulan mendapat kecaman dari Peru,  Sekjen CAN akhirnya mengumumkan inisiasi penyelidikan. Sekjen CAN kemudian mengeluarkan kebijakan resolusi 1695.
  4. 23 April 2014, Pablo Guzmán Laugier, Sekjen CAN mengirimkan sebuah surat kepada Departemen Perdagangan Luar Negeri Ekuador, yang menyatakan bahwa negara Ekuador harus memberikan tanggapan dalam waktu lima belas hari sejak diterimanya pemberitahuan tersebut.
  5. Juni 2014, Pihak Ekuador kemudian menanggapi dengan mengkritisi resolusi 1695
  6. 18 Agustus 2014, CAN kemudian mengeluarkan Resolusi 1716 setelah mengadakan pertemuan dengan pemerintah negara-negara Andean dan sektor bisnis dan meratifikasi resolusi 1695.  

PProblem Solving
1. Bolivia (Sekretaris Jenderal Andean Community dan anggota penuh Andean Community)
2. Peru (pihak yang terlibat konflik dan anggota penuh Andean Community)
3. Ekuador (pihak yang terlibat konflik dan anggota penuh Andean Community)
4. Kolombia (anggota penuh Andean Community)
5. Chile (Associate members of Andean Community)

Ekuador
   Alasan Ekuador mengeluarkan Resolution No.116 of the Committee on Foreign Trade (COMEX)
         Masalah terhadap devaluasi dollar, sehingga membatasi arus keluar mata uang dengan membatasi impor
     Presiden Rafael Correa, dalam dialog dengan wartawan dari Guayaquil, melaporkan bahwa Ekuador akan terus mempertahankan dan menegakkan standar teknis yang diperlukan untuk melindungi kesejahteraan warganya
        Pasal 73 Perjanjian Cartagena (menyatakan pada poin (d) bahwa adopsi dan penegakan langkah-langkah untuk melindungi kehidupan dan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan tidak dianggap pembatasan)
         Upaya memberikan inisiatif untuk sektor swasta
         Mengendalikan isu defisit melalui kebijakan sertifikasi (non tarif)
         kesempatan untuk meningkatkan produksi dalam negeri
Negara ini memiliki kontrol produk berkualitas baik hanya 10% pada Desember 2013. Tujuannya adalah untuk mencapai 50% di 2014 dan ditargetkan pada 2015 dapat mencapai 90%. Sehingga, negara ini menciptakan  80 peraturan di mana 30 di antaranya adalah dalam Resolusi 116, yang mulai berlaku pada bulan Desember. dalam tiga bulan negara Equador bisa mengurangi impor sebesar 25%, dan dapat meningkatkan produksi lokal sebesar $ 20 juta pada ekspor.

         Respon Ekuador terhadap the Andean Community of Nations (CAN)
     Wakil Menteri Perdagangan Luar Negeri, Juan Francisco Ballen, melaporkan bahwa Ekuador meminta tambahan 15 hari dari batas waktu pertama yang jatuh tempo pada 9 Mei untuk menanggapi surat dari Sekretariat Jenderal CAN
  Ekuador menanggapi dengan mengkritisi resolusi 1695 sebagai upaya legalisasi kebijakan Ekuador. Dimana resolusi 1695 dinilai oleh Ekuador sebagai pembatasan perdagangan intra-subregional dan bertentangan dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Perjanjian Cartagena.
         Pemerintah Ekuador mengajukan mosi untuk peninjauan kembali Resolusi 1695 yang dikeluarkan oleh CAN karena dianggap melanggar pasal 73 Perjanjian Cartagena

Peru
         Dampak resolusi 116
         Kebijakan COMEX Resolusi 116/2013 yang ditetapkan oleh Ekuador telah merugikan Peru. langkah ini telah secara signifikan berdampak perdagangan bilateral dan mengurangi ekspor Peru ke Ekuador sekitar US $ 120 juta. Barang Peru yang tidak disertai dengan sertifikat yang relevan pada saat impor ditolak masuk ke Ekuador.
         Respon Peru
  28 Februari 2014, Kementerian Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru (Mincetur) mengadakan kontak langsung dengan pemerintahan Ekuador,dan asosiasi bisnis, dalam rangka mencari solusi untuk masalah pembatasan tersebut. Namun, upaya ini tidak mendatangkan hasil.
         Peru mengecam kebijakan resolusi 116 Ekuador
         Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru, Magali Silva pada 20 Agustus menyambut baik hasil penyelidikkan oleh Sekretariat Jenderal Komunitas Andes yang membenarkan bahwa "sertifikat pengakuan" Ekuador (certificado de Reconocimiento, atau-INEN 1) merupakan penghalang untuk perdagangan regional.

Bolivia
         Sebagai anggota penuh CAN
          impor barang subjek dari Bolivia ke Ekuador mengalami penurunan 67,8 persen tajam menjadi US $ US$0.8 million selama Desember 2013-April 2014 (pasca ditetapkan resolusi 116)
         Sebagai Sekjen CAN:
1)      Menginisiasi dan melakukan penyelidikan terhadap dispute Ekuador  dan Peru.
2)      Mengeluarkan resolusi 1695 dan Resolusi 1716.

Kolumbia
         Posisi Kolumbia terhadap sengketa
         Mendukung Peru, dengan alasan :
  Pelaksanaan resolusi 116 menyebabkan masalah bagi pengusaha di Kolombia
  Impor dari Kolombia ke Ekuador turun 46,7 persen menjadi US $ 64.400.000 selama Desember 2013-April 2014 (pasca resolusi 116)
         Kolumbia melalui Menteri Perdagangan-nya, Santiago Rojas, mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Ekuador, Francisco Ricadeneira

Chile
         Sikap Chile sebagai anggota asosiasi Andean
         Salah satu negara yang bereaksi terhadap resolusi 116
        Resolusi ini telah mempengaruhi impor Chili, termasuk kosmetik dan makanan olahan.
 Asexma yang menjadi Institut Nasional untuk Standarisasi Chile (INN)  tidak menyertakan sertifikasi terhadap produk Ekuador, sehingga sertifikasi Ekuador tidak dapat dilterima Chile.
         Posisi Chile terhadap sengketa
         Mendukung penghapusan resolusi 116 oleh CAN.


Hasil analisa CAN terhadap kuota perdagangan Ekuador :

Sebelum resolusi 116 oleh COMEX ditetapkan
-          Impor barang Ekuador berdasarkan persyaratan INEN-1 mengalami pertumbuhan rata-rata 15,6 persen per tahun selama 2010-2013 (US $ 877.000.000 menjadi US $ 1.354.000.000), sedangkan impor dari Komunitas Andes meningkat sebesar 10,7 persen dari US $ 280 juta pada 2010 menjadi US $ 380.000.000 pada tahun 2013.

Setelah resolusi 116 oleh COMEX ditetapkan
-          Total impor barang ke Ekuador merosot 41,7 persen selama Desember 2013-April 2014, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan impor dari Komunitas Andes turun 44,7 persen. Selain itu, pengiriman dari Peru juga menurun drastis menjadi  US $ 120 juta.

Keputusan Akhir

  •         Berdasarkan The Court of Justice of the Andean Community menetapkan bahwa pembatasan yang mencakup setiap tindakan administrasi, keuangan yang membatasi program liberalisasi regional, baik dengan membatasi, memodifikasi, mengurangi yang mengarah pada situasi yang kurang menguntungkan salah satu pihak dibandingkan sebelum pembentukan pembatasan maka hal tersebut jelas merupakan hambatan perdagangan.
  •      the Andean Community of Nations (CAN) kemudian mengeluarkan Resolusi 1716 setelah mengadakan pertemuan dengan pemerintah negara-negara Andean dan sektor bisnis dan meratifikasi resolusi 1695 pada 18 Agustus 2014. Resolusi 1716 : Ekuador tidak mungkin mendapatkan sertifikat karena memiliki infrastruktur yang memadai dan resolusi 116 sendiri diatur oleh ekuador. Sehingga, ekuador harus mengubah reolusi 116. Pihak Ekuador dapat mengeluarkan sertifikat sebagaimana yang dikeluarkan oleh Negara lain. Sertifikat pengakuan dan prosedur berdasarkan  resolusi 116 gagal mematuhi parameter hukum komunitas andean
  •       5 Oktober 2014, dibentuk Komite Fasilitasi Perdagangan Binational pada Hambatan Teknis sebagai ukuran untuk menjaga ruang lingkup perjanjian. 
  •         Pada tanggal yang sama, Peru dan Ekuador yang diwakili oleh Menteri Perdagangan Luar Negeri Ekuador, Francisco Rivadeneira, dan Menteri Perdagangan, Industri dan Pariwisata Peru, Magali Silva akhirnya menandatangani the Convention on Trade Facilitation on Technical Barriers (TBT) di Quito.
  •          Wakil Menteri Perdagangan Ekuador, Genaro Baldeón mengatakan bahwa mekanisme yang disepakati menyiratkan bahwa Ekuador akan mengakui resoluasi yang dikeluarkan oleh Andean Community (CAN) asalkan aturan ini diterapkan di kedua negara. 

Equador menerima penghapusan resolusi 116 karena :
         Permintaan sertifikat pengakuan untuk 293 item yang diimpor juga mempengaruhi industri Ekuador.
         Industri dalam negeri bisa lumpuh jika tidak tercukupninya produk impor tertentu (Roberto Aspiazu, perwakilan dari Komite Bisnis Ekuador).
         Pengendalian isu defisit melalui kebijakan sertifikasi (non tarif) menambah permasalahan di sektor impor ditambah lagi tanpa kontribusi lebih di ekspor.
         Kami menyadari bahwa dolarisasi harus diadakan, tetapi  mungkin tidak dengan pembatasan impor seperti ini, menstimulus untuk ekspor yang mungkin dapat mengatasi masalah defisit
         Menurut Bank Sentral Ekuador (SM), pada akhir 2012 transaksi berjalan dalam neraca pembayaran mencatat defisit 277.800.000 dolar, namun, tejadi keseimbangan barang antara ekspor dan impor, sehingga memberikan kontribusi untuk keseimbangan positif dari $ 42.500.000 tahun itu.
         Untuk kuartal kedua 2013, defisit transaksi berjalan sampai 465.400.000 dolar, tapi kali ini saldo negatif terbesar justru keseimbangan barang berkontribusi dengan 262.900.000 dolar, dengan saldo negatif lebih di impor yang ekspor.
                              

Daftar Pustaka

http://content.lib.utah.edu/utils/getfile/collection/etd3/id/829/filename/821.pdf 
http://www.dutycalculator.com/country-guides/information-on-Andean-Community-can/
http://www.pict-pcti.org/courts/TJAC.html
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/744592/Andean-Community
http://publications.iadb.org/bitstream/handle/11319/6691/INTAL-Monthly-Newsletter-N-218-October-2014.pdf?sequence=5
http://www.comunidadandina.org/Prensa.aspx?id=3512&accion=detalle&cat=NP&title=secretaria-general-de 
http://hkmb.hktdc.com/en/1X09ZSJ5/hktdc-research/Andean-Community-Says-Ecuadorian-Technical-Certificate-of-Compliance-Is-a-Trade-Barrier 
http://www.ecuadortimes.net/topic/andean-community-of-nations-can/ 
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/12/patino-hopes-can-reconsider-decision-resolution-116/ 
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/11/ecuador-readies-answer-can/ 
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/10/can-resolution-116-must-removed-within-15-days/ 
http://hkmb.hktdc.com/en/1X09ZSJ5/hktdc-research/Andean-Community-Says-Ecuadorian-Technical-Certificate-of-Compliance-Is-a-Trade-Barrier 
http://www.ecuadortimes.net/topic/andean-community-of-nations-can/
http://www.ecuadortimes.net/2014/05/15/15-additional-days-respond-can-resolution-116/
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/12/patino-hopes-can-reconsider-decision-resolution-116/
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/11/ecuador-readies-answer-can/
http://www.ecuadortimes.net/2014/06/10/can-resolution-116-must-removed-within-15-days/
http://www.ecuadortimes.net/2014/10/16/review-restructuring-can-posed-ecuador/
https://www.google.co.id/search?q=por+qu%C3%A9+Ecuador+tome+la+resoluci%C3%B3n+116&oq=por+qu%C3%A9+Ecuador+tome+la+resoluci%C3%B3n+116&aqs=chrome..69i57.1221j0j7&sourceid=chrome&es_sm=93&ie=UTF-8 






  • Share:

You Might Also Like

2 comments